Friday, May 29, 2020

Kerajaan Tertua Di Indonesia

Daftar 5 Kerajaan Tertua Di Indonesia Yang Wajib Diketahui


Ada banyak kerajaan yang berdiri di Indonesia. Termasuk diantaranya kerajaan tertua di Indonesia yang merupakan kerajaan pendahulu yang berdiri di negeri ini sebelum lahir kerajaan - kerajaan lainnya.

Negara Indonesia terlahir dari negara kerajaan, terbukti banyak peninggalan kerajaan yang menjadi peninggalan sejarah dan budaya yang berasal dari kerajaan. Budaya yang menjadi kearifan lokal di Indonesia pun masih dicampuri dengan kebudayaan kerajaan zaman dulu. Oleh sebab itu, di Indonesia telah berdiri kerajaan tertua di Indonesia. 

Berikut adalah 5 daftar kerajaan tersebut, yaitu :

1. Kerajaan Mulawarman 
Mulawarman adalah salah satu nama raja yang memerintah pada kerajaan ini. Berdiri pada abad ke 5, kerajaan yang memiliki nama lain bernama kerajaan Kutai Kartanegara ini, mencapai tingkat kejayaannya sejak diperintah oleh raja Mulawarman. Terbukti adanya prasasti yupa yang ditulis dengan huruf palawa, yang menyatakan kedermawanan sang raja. Banyak yang mempercayai bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Indonesia. 

2. Kerajaan Kandis
Kerajaan tertua di Indonesia lainnya adalah kerajaan Kandis. Kerajaan yang berdiri di pulau Sumatera ini berdiri pada abad ke 1 tahun masehi. Dengan demikian, kerajaan ini merupakan kerajaan tertua pertama yang ada di Indonesia. Walaupun tidak ada bukti yang menguatkan keberadaannya. Namun, masyarakat sekitar menjadi saksi sejarah keberadaan kerajaan ini. 


3. Kerajaan Tarumanegara
Salah satu kerajaan tertua di Indonesia ini berdiri pada abad ke-4 masehi. Kerajaan ini mencapai kejayaannya sejak diperintah oleh raja Purnawarman. Kerajaan ini merupakan kerajaan hindu terbesar di Indonesia pada masanya. Banyak bukti prasasti yang menunjukan bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia dan merupakan kerajaan yang menjadi pelopor berdirinya kerajaan di Indonesia. 


4. Kerajaan Salakanagara 
Kerajaan ini dipercaya sebagai cikal bakal suku sunda. Terbukti dengan adanya lokasi yang menjadi napak tilas kerajaan Salakanagara sama dengan letak geografis cikal bakal suku sunda yang ada di Indonesia. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 130 masehi. Kerajaan ini didirikan oleh Dewawarman,  seorang saudagar dari Pallawa India. Dengan demikian, kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. 


5. Kerajaan Koying
Salah satu kerajaan tertua di Indonesia ini memiliki beberapa peninggalan yang menunjukkan bahwa kerajaan tersebut merupakan kerajaan tersebut pernah bertahta di Indonesia. Dari banyak penemuan benda - benda China yang menyerupai dengan suku dinasti Han ini, menunjukan bahwa kerajaan ini berdiri di sekitar kota Jambi, serta didirikan oleh saudagar China pada abad ke 3. 


Napak tilas 5 Kerajaantertua di Indonesia, merupakan saksi sejarah cikal bakal bangsa Indonesia lahir. Oleh sebab, kebudayaan Indonesia masih dipengaruhi oleh perkembangan budaya dari budaya kerajaan. Bukti lain bahwa negara Indonesia berasal dari kerajaan, yaitu adanya peninggalan sejarah kerajaan yang ada di Indonesia. 



1 comment: